Disable Preloader

JANGAN LEWATKAN, BESOK WEBINAR DENGAN TEMA ‘PENDIDIKAN VOKASI SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN MASA DEPAN’ AKAN DIBAWAKAN LANGSUNG OLEH DIREKTUR POLINAS MAKASSAR DAN ALUMNI LP3I

Polinas.ac.id,Makassar- Pendidikan Vokasi merupakan salah satu solusi bagi masyarakat Indonesia ditengah peliknya persoalan yang dihadapi saat ini. Ide Ki Hadjar Dewantara tentang vakschool/sekolah kepandaian atau sekarang disebut pendidikan vokasi memang menjadi salah satu solusi, yang jika diimplementasikan secara baik dalam kebijakan Pendidikan di Negeri ini, maka dunia ketenagakerjaan kita tidak akan sepenuhnya bergantung pada kondisi ekonomi global dan juga tenaga kerja asing.

Hal ini lah yang akan coba didiskusikan dalam design Webinar dengan tema “Pendidikan Vokasi sebagai Model Pendidikan Masa Depan’. Webinar ini tentuya akan sangat menarik dan ditunggu-tunggu oleh para calon generasi muda. Webinar ini akan dilaksanakan pada Sabtu (25/07/2020) mulia pukul 13.00-14.30 wib. Webinar ini tentunya akan menghadirkan pembicara yang sangat kompeten dibidangnya, yaitu Direktur Polinas Makassar M Abduh Idris, S.Kom.,MM dan Asad Askaruddin selaku alumni LP3I dan juga seorang Entrepreneur. Registrasi bisa dilakukan melalui link bit.ly/KOLP3IVKI.

Mengapa diskusi tentang Pendidikan Vokasi penting, atau bahkan kenapa Pendidiakan Vokasi saat ini penting?

Saat ini pandemic Covid-19 telah mengubah cara pandang dan pola kehidupan kita yang dimana saat ini kita sem=but sebagai ‘new normal’ life. Dari sudut pandang Ekonomi, data BPS (2020) mencatat ekonomi Indonesia triwulan I-2020 hanya tumbuh 2,97%, melambat disbanding capaian triwulan I-2019 yang sebesar 5,07%. Dari sisi ketenagakerjaan data rilis BPS (2020) menyebut pada bulan Februari 2020, sebanyak 131,03 juta orang merupakan penduduk bekerja dan sebanyak 6,88 juta penduduk menganggur.

Selain itu, fenomena maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia tidak dapat terhindarkan. Kondisi tersebut terjadi karenaketergantungan terhadap investasi asing begitu besar di sektor ketenagakerjaan. Ketika perusahaan-perusahaan berbasis investasi asing goyah, jelas sangat berpengaruh pada kondisi ketenagakerjaan di Indonesia dan menambah angka pengangguran.

Dengan memperhatikan kondisi tersebut, dalam jangka pendek pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan agar PHK tidak terus berlanjut. Untuk mereka yang terkena PHK, perhatian pemerintah pun sangat dibutuhkan. Pemberian bantuan sosial bagi mereka yang kehilangan pekerjaan menjadi sangat mendesak. Di sisi lain, kondisi itu juga membuat kita perlu memikirkan solusi jangka panjang dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan risiko di masa depan. Pandemi ini memberikan kita pelajaran berharga dalam merespons berbagai aspek kehidupan, termasuk tentang penyiapan tenaga kerja di masa depan.

 

 

Sumber/Edito:https://mediaindonesia.com/read/detail/313878-prospek-pendidikan-vokasi-masa-depan/Humas

 

 

 

 

 

Share:
Comments